Tugas CMS

Interface adalah penghubung antara suatu sistem dengan penggunanya, juga merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengguna. Interface harus dapat memberi kesan pertama yang baik pada pengguna. Dengan menggunakan interface yang baik maka kinerja pengguna akan meningkat karena interface-lah yang mengarahkan pengguna untuk mencapai tujuannya. Sama halnya dengan iconic interface yang dibuat bukan tanpa maksud dan alasan tertentu. Iconic interface ini lebih sering digunakan untuk aplikasi Content Management System yang notabene hanya digunakan oleh pengguna tertentu saja.

CMS(Content Management System) adalah software yang berguna untuk memanipulasi content atau isi dari suatu web.CMS bisa dilakukan dengan instant , baik CMS berbasis dekstop biasa , maupun berbasis web. Tapi saat ini CMS berbasis web yang paling banyak, karena kelebihannya. CMS yg dinamis yaitu melakukan perubahan atau penambahan pada bagian-bagian yang sifatnya bisa diubah, misalnya halaman berita terbaru , halaman produk atau jasa, halaman foto , galerry dll. Jika Anda tidak ingin membuat CMS sendiri maka tidak perlu risau, saat ini di internet sudah banyak yang menawarkan aplikasi CMS yang siap pakai dan bisa Anda atur (configure) sesuai dengan kemauan dan kemampuan Anda. CMS yang ditawarkan inipun banyak yang sifatnya Open Source sehingga bisa dengan bebas menggunakannya di situs Anda bahkan Anda juga bebas untuk memodifikasi CMS tersebut sesuai dengan kemampuan Anda.

CMS dengan mudah mengganti ganti konten web dan memperindah tampilan interface web. PHP adalah bahasa pemrograman yang banyak dipakai. Dalam penggunaannya, script php disisipkan dalam tag HTML. Php mampu menjadikan web lebih dinamis dan interaktif. CMS seperti Joomla dan Mambo di buat dengan bahasa pemrograman PHP. Web memang memiliki keunggulan daripada aplikasi desktop. Interface web pun lebih menarik dan interaktif. Tetapi akankah web mampu menjadi aplikasi masa depan? Sementara berbagai faktor masih menghambat laju perkembangan web. Misalnya faktor keamanan, keamanan aplikasi web masih belum optimal, masih banyak terjadi penyusupan, hacking , deface dan lain lain. Konektivitas juga menjadi faktor penting, jika terlalu banyak user yang mengakses web, maka koneksi akan lamban dan mengakibatkan loading sangat lama sekali.

CMS banyak diminati oleh para pengembang web, selain mudah dalam perancangan nya CMS juga mempunyai Interface yang sangat bagus, Interaktif. Kehadiran CMS seakan-akan tak bisa terbantahkan lagi sehingga banyak para pengembang web yang beralih ke CMS.

Banyak Jenis-jenis  CMS yang dapat digunakan dalam pengembagnan web antara lain :

Mambo
Mambo yang cukup tua dalam CMS. Mambo merupakan software CMS gratis yang telah banyak pengembangan. Mambo telah tersedia banyak themes, modul dan add on. Mambo merupakan software CMS web portal.

Jomla
Merupakan CMS yang berbasis web portal yang banyak di gunakan oleh pembuat web site. Sama seperti mambo, Jomla juga memiliki banyak dukungan seperti template, modul dan add on tambahan. Jombla merupakan turunan dari CMS Mambo. Mambo dan Jomla memiliki kelebihan tampilan yang bagus dan mudah dalam menginstalan dan mendesain ulang web.

WordPress ( CMS Blog )
WordPress merupakan CMS untuk membuat website blog. Worpress dapat di digunakan lansung dengan mendaftarkan diri di http://www.wordpress.com. Setelah mendaftar, web blog kita langsung tercipta dan dapat di akses langsung dengan menggunakan pasword yang diberikan oleh WordPress. WordPress berafiliasi dengan Yahoo. Banyak theme dan template gratisan yang dapat didownload untuk mempercantik tampilan WordPress anda. Namun jika anda ingin yang full gratis WordPress juga telah menyediakan theme yang cukup cantik, dan domain anda harus menjadi sub domain dari WordPress dot com.

Blogspot ( CMS Blog )Seperti WordPress, membuat blog dengan Blogspot sangat mudah,bahkan untuk para pemula, hal ini karena Blogspot mendukung penggunaan Bahasa Indonesia. Disamping itu CMS ini berafiliasi dengan google sehingga bagi yang ingin tau cara membuat blog dengan bertanya pada portal google.co.id pasti langsung ditawari membuatnya melalui Blogspot, widged pada Blogspot juga cukup komplit, yang masih kurang banyak mungkin theme-nya. Pasword pada blog spot dibuat sendiri sehingga mudah diingat, beda dengan WordPress yang menggunakan sandi yang telah ditentukanya.

Oscommerce & Prestashop (CMS E-Comerce)
Oscommerce & Prestashop merupakan CMS ecommerce yang cukup banyak di gunakan oleh banyak perusahaan online. Oscommerce telah memiliki fitur-fitur tambahan unutk sebuah web penjualan online. Cukup mudah untuk dipelajari, namun sayang belum menyediakan layanan gratis untuk meng-online-kanya sehingga harus menggunakan layanan lain untuk dapat mencoba meng-online-kanya.

Tinggalkan komentar